60 Santri MBI Amanatul Ummah Pacet Berhasil Diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Jurusan Prestisius pada SNMPTN 2022
60 Santri MBI Amanatul Ummah Pacet Berhasil Diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Jurusan Prestisius pada SNMPTN 2022

60 Santri MBI Amanatul Ummah Pacet Berhasil Diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan Jurusan Prestisius pada SNMPTN 2022

Penulis admin mbi online –

03/04/2022

SNMPTN merupakan kepanjangan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Berbeda dengan jalur lainnya, SNMPTN merupakan jalur undangan dan tidak membutuhkan tes atau ujian lagi.

Jalur SNMPTN merupakan jalur nasional pertama yang dibuka untuk masuk ke perguruan tinggi negeri. Baru sesudahnya SMBPTN dan jalur mandiri menyusul.

Kuota penerimaan di PTN paling banyak dialokasikan di SNMPTN, yakni 40%. Sedangkan 30% dialokasikan untuk SMBPTN dan 30% dialokasikan untuk jalur mandiri.

Salah satu Indeks penilaian SNMPTN adalah prestasi akademik yang dilihat berdasarkan nilai rapor kamu. Untuk anak SMA/MA yang masa belajarnya 3 tahun.

Nilai yang dilihat adalah nilai rapor selama 5 semester, yakni semester I kelas X sampai semester I kelas XII. Sedangkan untuk anak SMK, yang masa belajarnya 4 tahun, nilai yang dilihat adalah nilai rapor selama 7 semester.

Pada tahun 2022 ada 162 santri MBI Amanatul Ummah yang berhasil masuk rekomendasi SNMPTN 2022 dan 60 diantaranya (37%) berhasil diterima di PTN dan jurusan prestisius di Indonesia, termasuk diantaranya ada yang berhasil menembus Fakultas Kedokteran UI (FK UI) dan Fakultas Ekonomi UI (FE UI). Total ada 7 santri yang berhasil masuk pendidikan dokter tersebar di beberapa PTN, 3 santri masuk di ITB, dsb

Bagi Madrasah yang dibawah naungan Kementerian Agama, menembus PTN merupakan hal yang istimewa, hal ini karena berkaitan dengan persaingan dengan sekolah-sekolah SMA Favorit yang berada dibawah naungan Kemendikbud apalagi hitungannya adalah MBI Amanatul Ummah Pacet merupakan lembaga pendidikan yang baru berdiri pada tahun 2006. Dibandingkan dengan sekolah-sekolah favorit yang ada di Indonesia tentu secara tahun pendirian sudah jauh lebih lama sekolah-sekolah tersebut.

Kesempatan yang diberikan oleh PTN ke MBI Amanatul Ummah Pacet khususnya di Universitas Indonesia, tidak lepas dari usaha para santri yang sudah alumni dan berkuliah disana untuk tetap eksis dan berprestasi dan juga dikarenakan selama beberapa kali santri MBI Amanatul Ummah berhasil memenangkan olimpiade atau perlombaan yang diadakan oleh Universitas Indonesaia.

sumber : https://www.mbi-au.sch.id/newmbi/60-santri-mbi-amanatul-ummah-pacet-berhasil-diterima-di-perguruan-tinggi-negeri-dan-jurusan-prestisius-pada-snmptn-2022/

(RA)

Leave a Reply

Your email address will not be published.